CSA Award 2023: Evaluasi Mendalam David Setyanto, Ketua Analis Efek Indonesia

Avatar photo

- Pewarta

Kamis, 23 November 2023 - 20:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Konferensi Pers CSA Awards 2023, yang digelar di Menara 16, Jakarta, Kamis (23/11/2023) (HELLO.ID / Idris Daulat)

Konferensi Pers CSA Awards 2023, yang digelar di Menara 16, Jakarta, Kamis (23/11/2023) (HELLO.ID / Idris Daulat)

HELLOIDN.COM – Sebanyak 45 emiten meraih penghargaan dalam ajang bergengsi, CSA Awards 2023, yang digelar di Menara 165, Jakarta, pada Kamis, 23 November 2023.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 087815557788.

Penghargaan ini memberikan pengakuan kepada perusahaan terbaik di pasar modal Indonesia, dengan UNTR (PT United Tractor Tbk) meraih gelar Best of The Best.

Selain itu, BRI (PT Bank Rakyat Indonesia Tbk) dinobatkan sebagai The Best BUMN, GIAA (PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk) berhasil meraih Phoenix Awards, dan Bank Jatim (PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk) dinobatkan sebagai The Best Regional Bank.

Dalam total sembilan kategori penghargaan, dua emiten berhasil meraih penghargaan kategori The Best of The Best, sementara tujuh emiten lainnya meraih Innovation Awards 2023.

Prestasi yang signifikan dari ketujuh emiten ini membuat mereka layak menerima penghargaan special achievement.

Selain itu, 11 emiten lainnya berhasil meraih Analyst’s Favourite Stock Awards.

Dari keseluruhan penerima penghargaan, terdapat sembilan perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN), satu Badan Usaha Milik Pemerintah Daerah (BUMD), dan 35 emiten swasta dari berbagai sektor.

UNTR dan Bank BRI masing-masing menyabet dua kategori penghargaan.

Penghargaan CSA Awards 2023 dinilai oleh Tim Juri yang terdiri dari 5 profesor, 6 analis senior sebagai anggota CSA Community, dan tokoh-tokoh pasar modal.

Mereka menyeleksi 45 emiten terbaik yang tercatat di pasar modal, menilai kinerja mereka melalui kriteria yang mencakup aspek kuantitatif dan kualitatif.

Meskipun tidak semua penerima penghargaan merupakan emiten blue-chip, beberapa perusahaan terkemuka seperti BCA, Bank Mandiri, Telkom, INCO, ITMG, BSDE, dan PWON juga meraih penghargaan.

Selain itu, banyak emiten pendatang baru yang mendapatkan pengakuan, mencerminkan dinamika pasar modal yang terus berkembang.

Ketua Panitia Pelaksana CSA Awards 2023, Haryajid Ramelan, menegaskan perbedaan penting dalam penyelenggaraan acara tahun ini.

“Kami mengundang sebagian peserta nominasi untuk berpartisipasi dalam sesi unboxing, di mana mereka dapat menyampaikan perkembangan bisnis mereka secara langsung.

Sesi ini memberikan dimensi kualitatif tambahan untuk penilaian dewan juri,” ungkap Haryajid.

Sesi unboxing emiten, yang merupakan format podcast yang memungkinkan perwakilan emiten berbicara tentang visi, misi, dan perkembangan bisnis mereka, mendapat respon positif dari peserta.

Lebih dari 60 emiten berpartisipasi sebagai narasumber, dan rekaman sesi unboxing disiarkan di saluran resmi YouTube CSA Awards.

Haryajid menyoroti bahwa penghargaan CSA AWARDS memiliki tingkat prestise yang tinggi, diakui oleh Tim Juri yang memiliki kapasitas, kapabilitas, dan profesionalitas yang mumpuni.

“Proses penjurian yang dipimpin oleh Prof. Roy Sembel telah berlangsung sejak Juli 2023.

Penghargaan diberikan setelah evaluasi mendalam dari segi kuantitatif dan kualitatif,” tambahnya.

Prof. Roy Sembel, selaku Ketua Tim Juri, menjelaskan bahwa penghargaan diberikan melalui proses penilaian yang komprehensif, mencakup semua aspek bisnis emiten.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Ia juga memberikan apresiasi kepada emiten yang berhasil melewati masa sulit, baik dari tantangan internal pada keuangan perusahaan maupun dampak dari ketidakstabilan ekonomi global.

Langkah penghargaan kepada emiten yang bertahan dan tumbuh di tengah tantangan ini bertujuan memberikan dorongan stimulus agar terus berkembang dalam menjalankan bisnisnya.

“Kami menilai ada emiten baru dan lama yang memiliki potensi pertumbuhan yang besar,” ujar Prof. Roy Sembel.

Pemberian penghargaan juga sejalan dengan tema CSA Award tahun ini, yaitu “Growth to Sustainability Navigating The Capital Market.

Dalam penilaiannya, Prof. Sembel menyatakan bahwa pertumbuhan jumlah emiten terus meningkat.

Jika tahun lalu terdapat sekitar 800 emiten, tahun ini sudah mencapai angka 900 emiten.

Oleh karena itu, penilaian tidak hanya didasarkan pada industri, kinerja bisnis, dan keuangan semata, tetapi juga mencakup aspek seperti prospek bisnis, kepatuhan terhadap ketentuan, termasuk ESG (Environmental, Social, Governance), serta perkembangan dan daya tahan emiten dalam bisnis.

“Kita memberikan apresiasi bukan hanya kepada emiten blue-chips dan sektor yang mendominasi pasar modal, tapi juga kepada yang tumbuh dan berinovasi, seperti Bank Jatim, GIA, dan beberapa lainnya,” tambah Roy.

Tim juri menjalani proses seleksi emiten dengan kriteria tertentu, termasuk lamanya waktu listing minimal 2 tahun.

Setelah itu, 140 emiten masuk nominasi penilaian melalui beberapa tahapan.

Nominasi didasarkan pada lima kriteria umum, mencakup profitabilitas di masa mendatang, keterbukaan terhadap pemegang saham, good corporate governance (GCG), likuiditas saham, manajemen risiko, dan aspek enviroenment, social, governance.

“Emiten nominator dinilai berdasarkan kinerja kualitatif dan kuantitatif perusahaan, serta saham yang menjadi favorit analis,” ungkap David Setyanto, salah satu anggota juri yang juga Ketua Asosiasi Analis Efek Indonesia.

Selain kriteria umum, juri juga menerapkan kriteria khusus yang menitikberatkan pada penilaian kualitatif, inovasi bisnis emiten, dan tanggapan para analis.

Dari 140 nominator, emiten dipilah berdasarkan 11 sektor dan sub-sektor kategori.

David Setyanto menjelaskan bahwa sektor keuangan dibagi menjadi dua sub-sektor, yaitu bank dan non-bank.

“Pembagian ini dilakukan agar sektor keuangan tidak didominasi oleh perbankan. Ada emiten multifinance, asuransi, dan keuangan syariah yang juga memiliki kinerja bagus,” ujarnya.

Pembagian emiten juga didasarkan pada papan utama, pengembangan, dan akselerasi.

“Jumlah emiten di papan akselerasi dan pengembangan terus bertambah, sehingga kami harus fair menilai berdasarkan kategori-kategori tersebut,” tambah David.

Dari total 45 emiten yang meraih penghargaan CSA Awards 2023, dua di antaranya meraih Best of The Best, sementara tujuh emiten lainnya meraih penghargaan achievement yang masuk dalam kategori innovation.

PT United Tractor Tbk (UNTR) meraih Penghargaan Best of The Best Indonesian Capital Market, sementara PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dinobatkan sebagai Best of The Best BUMN Listed Company.

Selain itu, tujuh emiten lainnya meraih penghargaan CSA Awards 2023 berdasarkan inovasi yang mereka bawa:

  1. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GGIA) meraih The Phoenix Rising CSA Awards 2023.
  2. PT Bank Jatim Tbk (BJTM) meraih The Best Innovation in Regional Banking CSA Awards 2023.
  3. PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) meraih The Best Maritime Sustainability CSA Awards 2023.
  4. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) meraih The Best Mortgage Innovation CSA Awards 2023.
  5. PT Phapros Tbk (PEHA) meraih The Governance Trailblazer in Farmasi Industries CSA Awards 2023.
  6. PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) meraih The Best BUMN Listed Company Based ESG CSA Awards 2023.
  7. PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) meraih The Best Newcomer Listed Company CSA Awards 2023.

Selain pemberian penghargaan kepada emiten, CSA Awards 2023 juga menampilkan kompetisi riset yang diikuti oleh investor individu dan analis perusahaan.

Kompetisi ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu masyarakat umum dan mahasiswa.

Pada kategori masyarakat umum, juara pertama diraih oleh Dennis, disusul oleh Bilal Makarim sebagai juara kedua, dan Swelinda Idanawang sebagai juara ketiga.

Sementara itu, pada kategori mahasiswa yang dapat diikuti secara kelompok maupun perorangan, juara pertama diraih oleh kelompok mahasiswa Ali Alexander dan Elsa Firlyani dari Universitas Gajah Mada.

Juara kedua diraih oleh Raffi Hemas Anggoro dan Zahra Fara Kamila dari Universitas Negeri Semarang, dan juara ketiga diraih oleh Daniel Santosa dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Acara ini merupakan perayaan keberhasilan dan inovasi di pasar modal Indonesia, dengan penghargaan kepada emiten yang memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan dan keberlanjutan pasar modal.

Berita Terkait

2 Wamenkeu Bukan Hal Baru, Thomas Djiwandono Permudah Koordinasi RAPBN Tahun Anggaran 2025
Peran BNSP: Standar Kompetensi dalam Konvensi Nasional untuk Edukasi dan Perlindungan Konsumen
OJK Jambi Dukung Pelantikan DPW PROPAMI Jambi Raya: Harapkan Peningkatan Literasi Keuangan
Bapanas Dukung Percepatan Tanam Demi Penguatan Stok CPP, Hadiri Tanam Jagung dan Padi di Gunungkidul
Laporan Keuangan Q2 2024 Diperkirakan Positif, Berpotensi Meningkatkan Minat Investor di Pasar Modal Indonesia
Termasuk Investasi Industri Petrokimia, Tiongkok Diminta Dukung Implementasi Kawasan Industri Kaltara
Ketua BNSP Resmikan LSP Perikanan Hias Indonesia di Nusatic 2024: Dorong Kualitas dan Kompetensi SDM Nasional
Berikut Ini Daftar Lengkap Sebanyak 6 Wilayah Tambang yang Disiapkan untuk Ormas Keagamaan
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 14:54 WIB

2 Wamenkeu Bukan Hal Baru, Thomas Djiwandono Permudah Koordinasi RAPBN Tahun Anggaran 2025

Sabtu, 6 Juli 2024 - 19:28 WIB

OJK Jambi Dukung Pelantikan DPW PROPAMI Jambi Raya: Harapkan Peningkatan Literasi Keuangan

Sabtu, 6 Juli 2024 - 15:42 WIB

Bapanas Dukung Percepatan Tanam Demi Penguatan Stok CPP, Hadiri Tanam Jagung dan Padi di Gunungkidul

Kamis, 4 Juli 2024 - 10:22 WIB

Laporan Keuangan Q2 2024 Diperkirakan Positif, Berpotensi Meningkatkan Minat Investor di Pasar Modal Indonesia

Selasa, 18 Juni 2024 - 11:51 WIB

Termasuk Investasi Industri Petrokimia, Tiongkok Diminta Dukung Implementasi Kawasan Industri Kaltara

Minggu, 9 Juni 2024 - 22:57 WIB

Ketua BNSP Resmikan LSP Perikanan Hias Indonesia di Nusatic 2024: Dorong Kualitas dan Kompetensi SDM Nasional

Minggu, 9 Juni 2024 - 07:28 WIB

Berikut Ini Daftar Lengkap Sebanyak 6 Wilayah Tambang yang Disiapkan untuk Ormas Keagamaan

Rabu, 22 Mei 2024 - 13:42 WIB

Meningkatkan Kualitas SDM: Prakonvensi RSKKNI Bidang Jasa Keuangan di Bandung

Berita Terbaru