IAINU Kebumen Jawa Tengah, Bersama BNSP Gelar Studium General Sertifikasi Kompetensi

Avatar photo

- Pewarta

Jumat, 29 Desember 2023 - 16:38 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

HELLO.ID – Rizqon Halal Syah Aji, salah seorang Pengurus inti LPT-PBNU (Lembaga Pendidikan Tinggi-PBNU), sekaligus sebagai Akademisi yang berpengalaman, lulusan Program Doktor (PhD) dari University Kebangsaan Malaysia, terus berupaya membangun SDM NU menjadi SDM yang profesional dan kompeten.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 087815557788.

Kali ini, Rizqon menggandeng salah seorang Komisioner BNSP, Prof. Amilin, yang juga Guru Besar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dengan mengundangnya sebagai Narasumber dalam kegiatan Studium General (SG) yang diselenggarakan oleh Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen, Jawa Tengah, bekerjasama dengan BNSP dan LPT-PBNU (28/12/2023).

Kegiatan SG ini dihadiri oleh para pimpinan dan mahasiswa/i Perguruan Tinggi NU (PTNU) se-Indonesia dengan mengangkat tema:

\”Membangun Profesionalisme Lulusan PTNU untuk Mengisi Pasar Kerja Global Dengan Bekal Sertifikasi Profesi\”, yang dilaksanakan melalui media Zoom Meeting.

Kegiatan SG ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada para pimpinan PTNU dan para mahasiswanya tentang pentingnya memiliki sertifikasi kompetensi profesi dalam rangka menyiapkan persaingan global menuju Indonesia Emas 2045.

Acara SG dibuka oleh Wakil Ketua LPT-PBNU Dr. A. Luthfi Hamidi, M.Ag. Dalam sambutan pembukaannya, Luthfi menyampaikan amanat bahwa \”Lulusan PTNU harus bersiap menghadapi persaingan kerja di era global dan harus memenangkan persaingan itu dalam rangka menuju Indonesia Emas 2045 \”.

Lebih lanjut, Rektor IAINU Kebumen Dr. Benny Kurniawan, M.Pd.I memberikan arahan, \”untuk mewujudukan cita-cita ini, PTNU perlu menyiapkan bagi calon lulusannya.

Dengan menggandeng BNSP, untuk menyiapkan tenaga kerja bersertifikasi kompeten yang direkognisi oleh pasar tenaga kerja, baik di level nasional maupun internasional\”, ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah IAINU Kebumen Jawa Tengah, Dr. Umi Arifah, S.Pd.I dalam sambutannya menyatakan, \”basis NU ini secara demografi jumlahnya sangat besar dalam komposisi angkatan kerja di Indonesia,\”.

Lebih lanjut Umi menyatakan optimismenya, \”jika para mahasiswa PTNU disiapkan dengan baik, dibekali dengan keahlian yang dibutuhkan oleh pasar tenaga kerja global, dan tersertifikasi BNSP.

Saya sangat opitimis bahwa SDM NU akan memainkan peran kunci dalam membawa Indonesia Emas 2045 untuk memenangkan persaingan global\”, ujarnya.

Sebagai narasumber, dalam paparannya, Amilin menyatakan, \”di bawah Kepemimpinan Pak Syamsi Hari, BNSP siap bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menyiapkan SDM Indonesia yang profesional dan kompeten, untuk mengisi pasar kerja global dengan menyiapkan program sertifikasi profesi\”.

Khusus untuk kalangan perguruan tinggi, \”BNSP memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi perguruan tinggi untuk mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Kesatu (LSP-P1) yang berlisensi BNSP\”, ujar Amilin.

Kegiatan Studium General ini berjalan lancar dan dinamis, dipandu oleh Moderator, Jauhar Faradis, SHI, MA, CMA,  seorang Asesor Kompetensi Berserifikat BNSP, yang juga berprofesi sebagai Dosen, sekaligus menjabat sebagai Manajer Sertifikasi LSP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Para peserta SG terlihat sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan SG ini, yang ditandai dengan banyaknya peserta yang hadir memenuhi ruang zoom meeting dari awal hingga selesainya acara.

Pada sesi tanya jawab, suasana diskusi berjalan begitu hangat, dinamis, dan kondusif, sehingga para peserta mendapat banyak pencerahan ilmu pengetahuan dari narasumber tentang pentingnya sertifikasi kompetensi profesi bagi mahasiswa.

Di akhir sesi paparan Amilin berharap, \”setelah selesai kegiatan Studium General ini, perlu ada langkah konkrit dari para pimpinan PTNU untuk menyiapkan dokumen usulan kerjasama kepada BNSP, setelah itu segera bersiap untuk proses mendirikan LSP\”, ujarnya.

Berita Terkait

Kejaksaan Agung Periksa 3 Orang Saksi Termasuk Ditjen Bea Cukai dalam Kasus Importasi Gula PT SMIP
Usai Dinyatakan Bebas dalam Kasus Vina Cirebon, Pegi Setiawan Buka Suara Saat Penyidikan
Komisioner BNSP, Amilin, menjadi Narasumber Dalam Seminar Ilmiah, Peringati Dies Natalis Polindra ke-16
Prabowo Subianto Langsung Gaspol Aktivitas Hadiri HUT Bhayangkara, Pasca Operasi Cedera Kaki
Begini Tanggapan Badan Siber dan Sandi Negara Soal Data-data INAFIS Polri Diretas oleh Hacker Asing
Kejagung Periksa 2 Saksi dari PT Paramadaksa Teknologi Nusantara, Usut Kasus Korupsi Impor Gula PT SMIP
Kompetensi Welder CPMI Ditunjang oleh BNSP di Batam untuk Sukses di Korea Selatan
Bertemu Prabowo Subianto di di KTT Gaza, Presiden Palestina Mahmoud Abbas: Anda adalah Saudara
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 14:54 WIB

2 Wamenkeu Bukan Hal Baru, Thomas Djiwandono Permudah Koordinasi RAPBN Tahun Anggaran 2025

Sabtu, 6 Juli 2024 - 19:28 WIB

OJK Jambi Dukung Pelantikan DPW PROPAMI Jambi Raya: Harapkan Peningkatan Literasi Keuangan

Sabtu, 6 Juli 2024 - 15:42 WIB

Bapanas Dukung Percepatan Tanam Demi Penguatan Stok CPP, Hadiri Tanam Jagung dan Padi di Gunungkidul

Kamis, 4 Juli 2024 - 10:22 WIB

Laporan Keuangan Q2 2024 Diperkirakan Positif, Berpotensi Meningkatkan Minat Investor di Pasar Modal Indonesia

Selasa, 18 Juni 2024 - 11:51 WIB

Termasuk Investasi Industri Petrokimia, Tiongkok Diminta Dukung Implementasi Kawasan Industri Kaltara

Minggu, 9 Juni 2024 - 22:57 WIB

Ketua BNSP Resmikan LSP Perikanan Hias Indonesia di Nusatic 2024: Dorong Kualitas dan Kompetensi SDM Nasional

Minggu, 9 Juni 2024 - 07:28 WIB

Berikut Ini Daftar Lengkap Sebanyak 6 Wilayah Tambang yang Disiapkan untuk Ormas Keagamaan

Rabu, 22 Mei 2024 - 13:42 WIB

Meningkatkan Kualitas SDM: Prakonvensi RSKKNI Bidang Jasa Keuangan di Bandung

Berita Terbaru